Kapan waktu yang terbaik? (4)



Kapan waktu yang terbaik untuk menulis?

Jawabannya : TIDAK ADA.

Itu sih pendapatku, karena bagiku waktu yang tepat untuk menulis bisa kapan saja. Ketika kamu sedang di puncak kegelisahan untuk menulis dan kegelisahan tersebut membayangimu dari pagi sampai malam, bahkan sampai paginya lagi nah mendingan kamu cepat-cepat deh tuangin dalam tulisanmu. Karena bila kamu tunda, akibatnya bisa fatal. 

Sungguh. Aku pernah merasakannya. Dan rasanya tidak enak.

Pernah waktu itu aku sedang malas untuk menulis, namun sepertinya semesta tak mengijinkanku untuk berhenti sebentar dari dunia penulisan. Dari pagi sampai malam, paginya lagi dan besoknya lagi ide-ide di kepalaku seperti hujan yang terus menerus tak berhenti turun, namun aku sengaja menundanya karena aku pikir itu hanya ide-ide sepintas lalu. Hingga beberapa hari kemudian ketika kesiapanku untuk menulis sudah 97 %, ide-ide yang membayangiku beberapa hari lalu benar-benar lenyap.Tak ada sisa. Kalau mau dipaksa pun bisa-bisa saja tapi aku tahu tulisanku tidak akan maksimal. Sejak saat itu ketika ide-ide untuk menulis datang lagi dalam imajinasiku, aku pun segera menuliskannya. Kalaupun belum sempat aku posting, dan masih berupa ide suatu adegan/percakapan singkat maka aku akan segera menuliskan di buku yang sengaja aku beli untuk keperluan penulisanku, dan kalau sudah ada waktu serta bahan yang cukup maka aku tinggal mengumpulkan poin-poin ide cerita tersebut dalam satu cerita utuh. Tetapi kalau misalnya aku tidak punya banyak waktu untuk memposting tulisan pendekku di blogku, aku biasanya memposting di notes Facebook. Kebanyakan tulisan-tulisan pendekku di notes Facebook hanya berupa tulisan pendek, yang awal dan akhir cerita si tokoh utama tak kujelaskan secara detail karena memang aku hanya ingin menulis saja apa yang ada di pikiranku saat itu, mengalir saja, yang penting aku bisa menulis kegelisahan-kegelisahanku di kala itu.

Lalu kapan waktu yang terbaik untuk menulis menurut kamu?
Silahkan jawab sendiri dan aku menunggu tulisan-tulisanmu kawan !
SEMANGAT!!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Dear Bantal Kesayangan (24)

Pemeran Utama (8)

Proses Peremukan